Tips Menghadapi Ulangan / Ujian Nasional

Sampai saat ini masih banyak siswa yang beranggapan bahwa ulangan harian atau ujian nasional adalah MOMOK yang menakutkan, ini adalah pendapat yang salah, sebagai seorang siswa haruslah selalu siap baik mental maupun pengetahuannya, sehingga kapan pun guru akan mengadakan ulangan bahkan ulangan mendadak hanya satu jawaban yang ada I am Ready ….. .

Begitu pula orangtua sebagai pendamping putra-putrinya di rumah, seringkali mereka hanya sibuk mencari nafkah tanpa memperdulikan putra-putrinya bagaimana belajarnya di sekolah tadi, menanyakan ada PR tidak ? , sudah makan atau belum ? (walaupun tidak semua orangtua seperti ini dan tidak 100% apa yang mereka lakukan salah). Denger-denger nih, ada juga lho ortu yang suka memberi hadiah “cubitan, jeweran, pukulan” kepada putra-putrinya jika nilai mereka kurang memuaskan. aduh kasian betul tu anak. Tapi, untunglah selama saya menjadi guru tidak ada satupun muridku yang mengalami hal tersebut. Dan semoga hal tersebut jangan sampai terjadi di negeri Indonesia ini, karena rasa takut dan beban target yang harus dipikul anak, justru akan membuat anak malas belajar, atau mau belajar tapi asal-asalan.

Guru, adapula yang mempunyai kesalahan, misalnya mengajar tanpa persiapan, mengajar di kelas terlalu cepat, hanya dekat dengan siswa yang disenangi atau yang merupakan anak dari teman dekatnya. aduh, kiamat dunia mbok….

Ok lah kalau begitu, sekarang simak dan coba laksanakan tip dan trik di bawah ini :

  1. Sepulang sekolah, biasakan meletakkan tas, sepatu dan perlengkapan sekolahmu pada tempatnya, lalu ganti baju, cuci tangan dan makan siang (jangan bermanja-manja dan jangan lupa berdoa dahulu). Hal ini akan membentukmu menjadi manusia yang disiplin.
  2. Istirahat siang yang cukup, tidur siang tidak hanya untuk melemaskan otot kaki dan badanmu tapi lebih ditujukan agar otak kita beristirahat setelah bekerja keras selama di sekolah. Tidur siang yang baik minimal 1 jam dan maksimal 2 jam.
  3. Yang ikut LES jangan mengerjakan PR di tempat les, namanya saja les atau belajar tambahan jadi tugas kalian di tempat tersebut adalah mencari tambahan ilmu yang belum kalian terima selama di sekolah, maksudnya jika di sekolah ada pelajaran yang belum kalian kuasai ditempat les lah kalian mencari tambahan ilmu tersebut atau jika di sekolah kalian telah menguasai pelajaran ditempat les lah kalian dapat meningkatkan ilmu kalian tersebut.
  4. Bagi yang tidak ikut les, bukalah pelajaran yang telah dipelajari di sekolah, baca pelan-pelan, buatlah pertanyaan dan jawablah sendiri.
  5. Buatlah ringkasan pelajaran di kertas yang mudah kalian bawa kemana-mana.
  6. Jangan takut bertanya kepada guru di sekolah atau guru di tempat les, jika kalian belum paham.
  7. Tumbuhkan kegemaran membaca di dalam dirimu, lebih baik 90% membaca buku pengetahuan dan 10% untuk bermain sepeda atau play station daripada kebalikannya.
  8. Lakukan itu semua dengan di dahului dengan berdoa dan pasrahkan segalanya kepada Tuhan, kalian berusaha Tuhan pasti akan membantu kalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: