KEJUJURAN


Jujur diartikan sebagai berani mengatakan suatu keadaan “permasalahan” secara apa adanya. Artinya tanpa ada muatan-muatan lain yang mengikutinya. Lalu kenapa kita harus jujur ? memang agak sulit menjawab pertanyaan ini, namun dengan pemikiran yang gampang-gampang wae kita dapat menjawabnya, kita harus jujur karena jujur itu perbuatan terpuji, kita harus jujur karena dengan kujujuran kita akan disayangi oleh orang disekitar kita atau dengan kejujuran kita akan disayang oleh Tuhan. setuju ? Pertanyaan kedua, kejujuran apa yang harus saya lakukan sebagai seorang anak sekaligus seorang siswa ? banyak sekali, mulailah jujur terhadap diri sendiri, jujur kepada orang tua, kakak, adik dan seluruh saudaramu di rumah. Jika kalian telah mempunyai jadwal harian, patuhilah dan jalankan semuanya dengan keikhlasan karena keterpaksaan yang kalian lakukan sudah merupakan tindakan tidak jujur pada diri sendiri atau jika kalian pamit ke orangtua akan bermain ke rumah teman untuk belajar kelompok, belajarlah dengan baik jangan hanya bersendau gurau, kejar-kejaran yang membuat kamu lelah sendiri, begitu pula di tempat les belajarlah dengan baik, jangan sampai kalian di tempat les hanya mengerjakan PR setelah itu ngobrol sendiri dengan teman juga kejar-kejaran. Percuma jika itu kalian lakukan, di tempat les tugas kalian adalah menambah ilmu sampai kalian benar-benar paham dan menguasai bidang studi sehingga nilai yang kalian dapat akan baik semuanya atau paling tidak semuanya rata.
Kejujuran di sekolah, saat di ruang kelas dengarkan seluruh penjelasan dari gurumu jangan melamun atau berbincang dengan teman, jika ini tidak kalian lakukan berarti kalian juga telah berbohong dengan diri sendiri, orangtua dan Tuhan. Bukankah, sebelum berangkat sekolah kalian pasti berpamitan ke orangtua “Pak/Ibu, saya berangkat sekolah dulu ya ?” Sekolah adalah tempat untuk belajar dan bermain saat jam istirahat. Saat istirahat jika kalian tidak mau berteman dengan siapa pun atau memilih-milih teman ini juga tidak baik, rubahlah sikap demikian ini. Di kelas ada uang atau alat tulis kawanmu yang jatuh, bertanyalah “Siapa yang kehilangan ini ?” hanya dengan kalimat yang sependek itu, sudah membuktikan bahwa kalian adalah anak yang jujur.
Oke, sekian dulu ya. Semoga tulisan yang hanya pendek ini dapat membantu kalian menjadi anak yang baik dan menjadi pengikut Kristus yang setia. See you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: